TERAPKAN 9 TIPS INI AGAR DAPAT “MEMBACA CEPAT”

 

 

Pernah tidak merasa kagum terhadap terhadap semua pakar, ilmuan, pemimpin, dosen yang seolah – olah mereka tahu segalanya?. Kamu terheran – heran dengan luasnya wawasan mereka. Mereka sangat berpengalaman dibidang profesi mereka dan pun kalau membicarakan bidang lain, mereka pun “nyambung”.

Jawabannya ialah “Mereka tidak sedikit membaca”. Mereka – mereka yang telah luas wawasannya bisa jadi besar telah seKursusai menyimak ratusan sampai ribuan jumlah buku.

1. Membaca di lokasi kondusif

 

Cara Belajar Membaca  cepat, usahakan cari lokasi yang kondusif, tenang, jauh dari keributan, suara bising. Misalnya lokasi – tempatnya ialah ruang belajar, kamar pribadi, taman dan perpustakaan. Pastikan pun tempatnya mempunyai pencahayaan yang cukup.

2. Arahkan mata kamu

Pastikan pkamungan Kamu konsentrasi pada bacaan. Untk pemula agar tidak hilang fokus, coba pakai alat tolong seperti pena, lidi atau jari Kamu guna menunjuk huruf – huruf, kata – kata atau kalimat yang Kamu baca.

Alat tolong ini akan menolong kita untuk menciduk kata lebih tidak sedikit lagi. Maka semakin lama, mata Kamu bakal dapat menciduk kata – kata atau frasa dengan lebih cepat.

 

3. Jangan bergumam

Banyak orang yang andai membaca mulutnya ikutan bergumam. Tentunya kelaziman ini tidak efektif dan tidak baik bila hendak membaca cepat. Kamu bakal memakan masa-masa lama sebab membaca secara kata per kata. Di samping itu, kamu pun akan tidak jarang mengulangi bacaan sebelumnya sebab lupa batas bacaan.

4. Posisi tubuh paling berpengaruh

Posisi tubuh memprovokasi tingkat konsentrasi kamu dalam membaca. Pastikan anda membaca dengan posisi duduk yang tenang, jarang pandang 30 cm agar lebih fokus. Jika hendak membaca cepat, pastikan Anda menyimak tidak seraya tiduran, santap atau menggarap hal yang lain laksana menonton.

5. Jangan bolak – balik membaca
Saat membaca, usahakan konsentrasi dan tidak tergoda guna mengulang kata – kata atau frasa. Hal ini bakal memberlambat anda untuk membaca. Di samping itu, anda juga dapat menangkap kata – kata atau frasa yang sebetulnya tidak terlampau penting. Hal ini justeru membuat bingung saat melanjutkan kembali menyimak kalimat berikutnya.

6. Membaca dalam 1 kalimat utuh

Untuk menyimak cepat dan efektif, tidak boleh membaca secara kata per kata sebab akan menguras waktu. Artinya tidak boleh memahami kata demi kata, karena dengan kata lain juga bakal berbeda.

Maka usahakanlah untuk menyimak secara per kalimat. Letakkan konsentrasi untuk selalu menuntaskan bacaan masing-masing kalimat. Kemudian, cari keyword dari masing-masing kalimat yang sudah dibaca sehingga anda akan mengetahui makna dari kalimat selanjutnya.

7. Cari gagasan pokok masing-masing paragraf

Ketika masih belajar bahasa Indonesia dulu, anda memang diajari bahwa masing-masing paragraf anda harus menggali dan mengerti gagasan pokok atau usulan utama. Itu benar adanya, bahwa membaca tersebut tidak butuh semua, namun kita dapat menemukan gagasan pokok per paragraf. Biasanya, gagasan pokok ini terletak di mula atau akhir paragraf.

Jika telah menemukannya, jajaki berti tanda highlighter memakai stabilo atau sejenisnya.

8. Mengukur rutin keterampilan membaca

Membaca cepat tidak jarang kali identik kecepatan. Namun, terdapat kalanya kita menyimak cepat namun tidak cukup memahami isi buku. Maka menyimak tidak butuh mengukur dari kecepatan, tetapi dari KEMAMPUAN MEMBACA DAN DAYA SERAP KATA.

Cara mengetahui keterampilan ini pun mudah. Cara mengetahui keterampilan ini pun mudah. Pertama, setel timer sekitar 1 menit. Kemudian, bacalah kitab dengan senyaman barangkali sampai timer-mu berbunyi. Hitung berapa tidak sedikit paragraf atau halaman yang dapat kamu baca dan catat sebagai bukti.

Ulangi teknik ini setiap anda akan membaca kitab yang lain. Usahakan masa-masa yang anda butuhkan menjadi semakin singkat namun dengan pemahaman yang lebih baik, agar membacamu nggak melulu semakin cepat tetapi pun semakin efektif.

 

 

Leave a Comment